Leaf
01 Sep 2022

5 Tips Tidur Lebih Nyenyak yang Mudah!

Tahukah kamu jika tidur yang nyenyak bisa membawa banyak manfaat? Meski ketika tidur tubuh kita tidak melakukan apa-apa, tapi tetap bisa menyehatkan loh. Saat tidur nyenyak, tubuh akan merasakan manfaat dari tenangnya suasana hati dan lancar sirkulasi darah maupun pencernaan.

Sayangnya gak selamanya kita bisa tidur nyenyak karena padatnya aktivitas harian. Akibatnya, bukannya tubuh kita mengumpulkan energi, justru malah membuat tubuh merasa lelah. Kalau gangguan terjadi terus menerus berisiko mendatangkan penyakit dan suasana hati tak nyaman selalu terjadi setiap harinya. 

Maka dari itu alangkah baiknya mulai menangani gangguan tidur tersebut secepat mungkin. Karena bakal berpengaruh ke aktifitas harianmu sewaktu sekolah, kerja, dan lainnya. 

 

Nah, ada beberapa tips agar tidur lebih nyenyak dan mudah dilakukan, yuk simak!

 

       1. Kebersihan kamar dan tempat tidur

Tips pertama tidur lebih nyenyak ialah soal kebersihan. Karena kamar sering kita tempati dalam waktu yang lama, terkadang membuat menyepelekan kebersihan. Padahal terdapat debu maupun bakteri yang bisa mengakibatkan gangguan tidur. Sementara itu, tubuh kita selalu membawa kotoran setiap waktu yang kerap tertempel di sprei maupun kasur. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu jaga kebersihan kamar dan tempat tidur sebaik mungkin. Bisa dimulai dari menyapu dan mengepel setiap sudut ruangan, lalu jaga kebersihan kasur serta bantal dan guling. 

 

       2. Kebersihan Diri

Sampai rumah, simpan tas, bukannya mandi eh malah langsung tidur, kebiasaan siapa tuh? Padahal kebersihan diri juga berpengaruh ke kualitas tidur loh. Sama halnya dengan tips sebelumnya, debu dan kotoran yang menempel seharian berakibat gangguan tidur dan mengotori tempat tidurmu. 

Bahkan menurut medis, dianjurkan agar mandi 90 menit sebelum tidur agar sirkulasi darah lancar dan suhu tubuh menurun. Mandi sebelum tidur pun akan membuat tubuh lebih rileks dan mempercepat kamu tidur nyenyak

 

       3. Hindari Penggunaan Gadget

Tips tidur lebih nyenyak selanjutnya yakni hindari penggunaan gadget menjelang tidur. Memang sudah kebiasaan kita scrolling sosial media menjelang tidur. Namun demi tidur berkualitas, lebih baik kebiasaan itu diganti dengan membaca buku atau menulis. 

Tahukah kamu kalau penderita gangguan tidur atau insomnia meningkat akibat gawai? Rupanya gawai seperti smartphone, tv, maupun komputer memancarkan gelombang cahaya yang bisa mengurangi rasa kantuk. Sebaliknya, membaca buku sebelum tidur malah lebih baik untuk meningkatkan kantuk sekaligus wawasan.

 

       4. Gelapkan kamar

Tips selanjutnya yakni pastikan kamarmu minim cahaya ya. Karena ini sangat berpengaruh pada nyenyaknya tidur dan khususnya mata kita. Meski mata tertutup, tapi mata kita masih  sensitif terhadap cahaya. Sehingga aktivitas mata yang seharusnya ikut istirahat jadi terganggu karena mencari cahaya dan mengakibatkan gangguan tidur. 

Jarang disadari, barangkali cahaya yang mengganggu tidur berasal dari ruangan lain atau dari luar jendela. Sehingga kamu perlu mematikan cahaya tersebut atau menutup jendela rapat-rapat. Dengan begitu, kamarmu jadi lebih gelap dan matamu bisa beristirahat lebih tenang. 

 

       5. Sprei dan Bed Cover

Meski tempat tidurmu sudah empuk dan berukuran besar, kamu bisa menambah kenyamanan agar kualitas tidur lebih extra dengan menggunakan alas tidur sprei dan bedcover. Kenyamanan & Kebersihan tempat tidur pastinya berpengaruh pada kualitas tidur. 

Jangan sepelekan gangguan tidur ya, karena tidur yang baik akan memberi energi positif aktivitasmu. Pastikan kamu ikuti tips tidur lebih nyenyak dengan baik dan mudah dilakukan!

***

Hawaii Lovers, suasana tidur jadi salah satu yang bikin kamu nyaman beristirahat! Spreii Hawaii bisa sulap suasana kamar jadi lebih menarik dengan motif-motif bed cover dan sprei yang bervariasi. Tinggal kamu sesuaikan dengan suasana kamar yang kamu inginkan dengan motif Hawaii yang ada di katalog serta bisa didapat di Shopee dan Tokopedia

Trees