Leaf
01 Dec 2022

Kenapa Kasur Harus Pakai Sprei?

Tak lengkap tidur hanya mengandalkan tempat tidur yang empuk saja. Meski tidur sebenarnya akan banyak dihabiskan di kasur, tapi bukan berarti kamu tidur tanpa sprei. Tentunya lebih nyaman tidur ketika kasur memakai sprei untuk jangka waktu yang lama.

Terlebih waktu kebanyakan orang menghabiskan di tempat tidur dalam sehari bisa sepertiganya. Selama waktu ini, kegiatan yang dilakukan berupa tidur, bekerja, atau aktifitas lainnya. 

Sedangkan penggunaan tempat tidur akan berlangsung dalam jangka waktu lama. Apalagi biasanya penggunaan kasur bisa digunakan selama bertahun-tahun untuk tidur dan jarang dibersihkan. Maka dari itu kamu sebaiknya mulai perhatikan kondisi kamar dan khususnya tempat tidur. 

Kenapa Kasur Harus Pakai Sprei?

Terdapat dua keuntungan yang kamu dapat ketika memakai sprei yakni kesehatan dan penampilan. Secara tidak langsung, kamu bisa bisa dapatkan keduanya sekaligus.

bedcover hawaii
Bed Cover Motif Coconut 

       1. Kesehatan

Penggunaan sprei maupun bedcover yang digunakan tidur berhari-hari sampai mingguan pastinya akan dihinggapi kotoran. Resiko kesehatan ini bisa berdampak ke pernafasan, kulit, dan jadi penyebab alergi. Asal kotoran bisa datang dari tubuhmu, lingkungan kamar, maupun hewan peliharaan. 

Namun ketika menggunakan sprei, resiko tadi bisa berkurang mempengaruhi kesehatanmu. Karena kasur yang pakai sprei akan mencegah kotoran dari kasur ke tubuh maupun sebaliknya. Apalagi, teknologi produksi sprei saat ini membuat sprei jadi terhindar dari tungau dan debu.

       2. Penampilan

Pemakaian kasur pada sprei memberi penampilan kamar tidur yang baru. Kamar jadi lebih menarik lewat moti-motif yang ada dalam sprei. Berbagai motif sprei bisa dijadikan pilihanmu dari minimalis, floral, elegan, dan modern.

Sama halnya seperti memilih aksesoris kamar, tentunya kamu punya pertimbangan warna aksesoris yang cocok di kamar. Begitu pula lewat sprei, tinggal kamu sesuaikan dengan suasana kamar tidur yang kamu inginkan. Kamu juga pasti sudah punya konsep kamar tidur yang diinginkan atau disukai.

       3. Kenyamanan

Setelah sprei bisa membuat tempat tidur jadi sehat dan punya penampilan baru, secara tidak langsung membuat penggunaan kasur lebih nyaman. Kamar tidur jadi bisa memberi kenyamanan untuk kamu beraktivitas dan beristirahat.

Apalagi istirahat tidur jadi salah satu yang dibutuhkan tubuh dan fisik setiap harinya. Ketika tubuh dan pikiran mendapat kenyamanan untuk beristirahat akan berdampak positif untuk kegiatan seharian. 

Kenyamanan kamar secara penampilan juga membuat kamu jadi senang dengan kamar sendiri. Sama halnya seperti mengenakan pakaian yang sesuai karaktermu akan membuatmu lebih percaya diri. 

Ketiga keuntungan tadi akan kamu dapatkan ketika kasur dipasang sprei. Selain itu, penggunaan kasur tidak melulu dipakai oleh sendiri. Ada kalanya kedatangan tamu yang menginap dan tidur di kasur, sebagai tuan rumah pastinya akan memberikan yang terbaik untuk tamu.

 

Resiko Jika Kasur Tidak Memakai Sprei

kasur tanpa sprei

       1. Resiko Merusak Kasur

Seandainya saat ini tempat tidur belum memakai sprei nantinya bisa merusak kasur itu sendiri. Biasanya, usia tempat tidur bisa digunakan untuk 8 - 10 tahun pemakaian. Sayang sekali jika usia kasur jadi berkurang akibat tidak dipasang sprei.

Gerakan tubuh setiap beraktifitas di tempat tidur lebih mungkin membuat permukaan tempat tidur jadi mudah rusak. Serat jahitan permukaan kasur jadi bisa terbuka kapan saja. 

       2. Mudah Kotor

Tanpa perlindungan kasur sama sekali membuat tempat tidur jadi lebih mudah kotor. Tak selamanya kamu bisa menjaga kebersihan setiap waktu. Ada kalanya tumpahan makanan atau minuman jatuh ke kasur lalu diserap. 

Selain itu, kotoran dari tubuh pun lebih mudah diserap kasur. Misalnya keringat tubuh yang keluar selama tidur, alih-alih diserap oleh sprei malah diserap tempat tidur. 

       3. Menyulitkan Perawatan Kasur

Gegara semua kotoran dan debu lebih mudah mengotori kasur membuat perawatannya jadi lebih sulit. Berbeda dengan mencuci sprei yang bisa dilakukan dengan mesin cuci ataupun cuci tangan. 

Sedangkan perawatan kasur untuk sekedar membersihkan dari bau tak sedap saja perlu dijemur seharian. Belum lagi tempat menjemur kasur akan makan tempat. 

Mengutamakan kasur harus pakai sprei bisa memberi banyak keuntungan untuk tempat tidur bahkan kamar tidur. Keuntungan kesehatan dan suasana baru akan kamu dapat di tempat favoritmu ini!

Trees